imvina

Gaya Dalam Pelaksaan Pesan Iklan

Posted on: December 7, 2011

Gaya dalam pelaksanaan pesan iklan adalah bagian dari eksekusi pesan iklan, jadi pembahasan kali ini masih berhubungan dengan yang sebelumnya🙂

Tanpa basa-basi lagi, berikut gaya-gaya dalam pelaksaan pesan iklan tersebut:

1. Menjual Langsung

Gaya ini langsung tertuju pada informasi produk.

2. Potongan Kehidupan (Slice of Life)

Gaya ini didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari.

3. Gaya Hidup (Life Style)

Gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup.

4. Khayalan (Fantasy)

Gaya ini menciptakan fantasi disekitar produk tersebut atau penggunanya.

5. Suasana / Citra (Mood or Image)

Gaya ini menciptakan pendekatan yang membangkitkan suasana / citra di sekitar produk untuk menciptakan sugesti.

6. Simbol Kepribadian

Gaya ini menciptakan sebuah karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut. Karakter bisa berbentu orang, binatang, atau animasi.

7. Keahlian Teknis

Gaya ini menciptakan pendekatan, keahlian, pengalaman dan kebanggan terhadap perusahaan melalui memproduksi produknya dengan teknis yang sangat akurat.

8. Bukti Ilmiah

Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menyajikan bukti surbey / bukti ilmiah untuk memperkuat bukti kualitas produk. Cocok untuk obat-obatan / farmasi.

9. Bukti Kesaksian

Gaya ini menggunakan sebuah personal saat menggunakan produk dan memberikan komentar pengalamannya pada khalayak umum.

Nah, disamping memberikan pelajaran mengenai gaya dalam pelaksaan pesan iklan di atas, minggu kemarin Pak Santo juga memberikan 10 RUANG LINGKUP IDE DALAM MEMBUAT IKLAN🙂

1. Name Of  The Product

2. Product It Self

3. Packaging

4. How The Product It’s Made

5. Product History

6.  Something Around Us

7. What Happend Without The Product

8. What Happend With The Product

9. What Happend With The Product and Without The Product

10. Media Where The Product Will Run For

 

BRAND / MERK

Merupakan sebuah nama dari sebuah produk maupun jasa termasuk jati diri kita sebagai manusia.

Anda adalah sebuah ‘brand’=’image’=’reputasi’ dari pribadi anda.

Brand/merk juga bisa mengidentifikasi sebuah rganisasi ataupun badan usaha

Branding merupkan penjual awal bagi suatu produk kepada konsumen

Nama merk tak lebih dari sebuah kata dibenak konsumen.

Inti dari proses pemasaran adalah membangun merk di benak konsumen.

Kekuatan merk terletak pada kemampuannya untuk mempengaruhi perilaku pembelian.

Namun, nama merk yang terdapat dikemasan suatu produk lebih kuat dihasilkan dari “Brand”  dibandingkan sales / penjualan itu sendiri.

Aktivitas selling tercakup di dalam merk.

Dan terkadang, nama merk yang terdapat dikemasan produk tidaklah sama dengan nama merk yang tertera di benak konsumen.

Di era multimedia ini penguasaan suatu produk lebih kuat.

 

BRAND GLOBAL

Merupakan sebuah merk produk yang dapat menjangkau sampai keluar wilayah negara. Meliputi jangkauan geografi yang luas dan tersedia dalam jumlah besar.

Power of  ♥,

VINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: