imvina

Iklan ‘AKROBAT’

Posted on: December 1, 2011

Iklan AKROBAT? Mungkin kalian akan mengira iklan AKROBAT adalah iklan mengenai pertunjukkan akrobat, tetapi itu salah besar karena iklan AKROBAT yang saya maksud adalah iklan yang dibatasi penggunaannya dalam masyarakat.

Yang termasuk dalam iklan AKROBAT adalah

1. Alkohol

2. Kondom

3. Rokok

4. Obat-obatan

Nah, karena iklan AKROBAT ini tidak bisa seperti iklan-iklan lainnya (karena sekali lagi, iklan AKROBAT dibatasi penggunaannya), maka ada cara untuk menyiasati iklan AKROBAT

 

ATURAN IKLAN ROKOK

Iklan rokok secara tegas melarang memperlihatkan produk rokok serta asap-asap rokok. Namun itu justru menguntungkan dan  membebaskan pembuat iklan dari aturan-aturan yang konservatif yang sering diperintahkan klien.

Para pembuat iklan rokok dapat berkreasi lebih luas dengan hanya mengambil salah satu atirbut terkuat dari brand tersebut sebagai landasan kreatifnya

Oleh karena itu lah jika kita lihat iklan-iklan rokok yang ada, khususnya di Indonesia, tidak ada satu batang rokok pun yang diperlihatkan. Meskipun begitu, semua orang tetap bisa tahu bahwa itu adalah iklan rokok karena logo dan motto brand rokok tersebut tetap diperlihatkan.

Iklan Rokok A Mild

 

ATURAN IKLAN PHARMACEUTICAL / IKLAN OBAT-OBATAN

Sangat menyulitkan biro iklan karena disamping ada kata-kata visual yang tidak boleh digunakan, ada juga kata-kata yang justru dicantumkan.

Pihak POM sering menghakimi sebuah iklan dengan standar yang tidak seragam. Sampai sekarang masih banyak kebingungan yang dialami praktisi periklanan tentang mana iklan yang melanggar mana yang tidak melanggar.

Akibat dari aturan ini, yaitu:

Iklan obat-obatan / multivitamin dan sejenisnya menjadi paritas satu sama lain.

Iklan kondom untungnya masih berpeluang untuk tetap kreatif. Mungkin karena produk ini tidak berbahaya seperti menelan obat, sehingga perkaranya tidak terlalu ketat seperti iklan obat.

Bagaimana menyiasatinya? Perlu dipikirkan untuk melakukan pendekatan fun seperti halnya iklan rokok. Jadi meskipun produk tersebut bukan produk yang ‘fun’, bukan berarti kita tidak bisa melakukan pendekatan secara fun.

 

ATURAN IKLAN ALKOHOL

Iklan jenis ini sangat dilarang dipublikasikan di media elektronik dan media terkemuka (above the line). Padahal iklan alkohol sangat inspiring bagi pembuat iklan. Itulah sebabnya iklan-iklan produk alkohol cenderung kreatif.

Cara menyiasati iklan alkohol adalah dengan bergerilya pada below the line atau pada event-event tertentu.

Iklan Cass Light Beer

 

ABOVE THE LINE (Media Lini Atas) Dan BELOW THE LINE (Media Lini Bawah)

Above The Line (ATL) adalah aktifitas marketing/promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan, contohnya : iklan di Televisi dengan berbagai versi.
Sifat ATL merupakan media ‘tak langsung’ yang mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience.
Below The Line (Media Lini Bawah) adalah segala aktifitas marketing atau promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya aware dengan produk kita, contohnya : program bonus/hadiah, event, pembinaan konsumen dll.
Semua aktifitas ini biasanya dilakukan oleh kantor perwakilan di daerah yang menjadi area pemasarannya. Pada intinya aktifitas BTL selalu bertujuan untuk mendukung dan memfollow up aktifitas ATL.
Sifat BTL merupakan media yang ‘langsung’ mengena pada audience karena sifatnya yang memudahkan audience langsung menyerap satu produk/pesan saja.
source: emjaiz.wordpress.com/2009/10/30/above-the-line-media-lini-atas-dan-above-the-line-media-lini-bawah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: