imvina

EKSEKUSI PESAN IKLAN

Posted on: December 1, 2011

Dalam sebuah keputusan eksekusi pesan iklan, diperlukan sebuah gaya tarik untuk menarik perhatian dari konsumen. Tapi apa sih sebenarnya eksekusi iklan itu?

 Definisi eksekusi iklan sebagai berikut : “eksekusi iklan merupakan tahap final atau hasil akhir dari proses pembuatan sebuah iklan. Eksekusi merupakan hasil atau perwujudan dari sebuah strategi kreatif iklan”

Berikut hal-hal yang menjadi gaya tarik tersebut :

Daya Tarik Selebritis

Selebritis sebagai figure dalam masyarakat yang biasa menjadi contoh dalam perilakunya. Daya tarik ini dipakai produsen untuk memperkuat dan turut mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut.

Pertimbangan lain menggunakan selebritis berkait dengan popularitasnya serta kemenarikannya, kredibilitas, profesi, status kepemilikan perusahaan pemakai merk.

Daya Tarik Humor

Para pengiklan menggunakan humor sebagai bumbu untuk memicu perhatian, memandu konsumen secara menyeluruh terhadap tuntuntan produk, mempengaruhi sikap, menciptakan tindakan konsumen membeli produk.

Survey para praktisi iklan humor merupakan salah 1 yang efektif dalam penyampaian pesan iklan, karena :

a. Humor merupakan metode efektif untuk menarik perhatian

b. Humor menyempurnakan kesukaan, baik terhadap iklan maupun merk yang diiklankan

c. Humor tidak merugikan secara keseluruhan

d. Humor tidak memberikan keunggulan terhadap non-humor untuk meningkatkan persuasi

Humor digunakan untuk mempertahanksn produk, selain itu humor juga cocok untuk produk yang lebih berorientasi pada perasaan.

Daya tarik Rasa Takut

Daya tarik seperti ini cocok untuk memperbaiki motivasi.

Mengidentifikasi rasa takut meliputi 2 hal, yaitu :

–  Mengidentifikasi konsekuensi negatif jika tidak menggunakan produk

–  Mengidentifikasi konsekuensi negatif terhadap perilaku yang tidak aman

Daya tarik rasa takut kita dapat lihat dari terhadap tanggapan dari pasar. Daya tarik rasa takut juga efektif jika penerima pesan percaya diri dan lebih suka mengendalikan bahaya daripada menghindarinya. Serta penerima pesan bukan pemakai produknya. Misalnya : mencegah bukan perokok untuk tidak merokok lebih efektif daripada menghentikan perokok.

Daya Tarik Kesalahan

Di sini, kita harus mengambil celah kesalahan dari suatu produk yang digunakan oleh para konsumen. Kita harus bisa meyakinkan konsumen bahwa ia salah menggunakan produk tersebut dan meyakinkannya untuk menggunakan produk yang kita miliki sebagai produk terbaik di hati konsumen.

Misalnya yaitu produk baygon yang sangat ampuh dalam membunuh nyamuk dibandingkan produk lainnya.

Daya Tarik Komparatif / Perbandingan

Iklan komparatif lebih baik dalam meningkatkan kesadaran merk dibandingkan iklan non-komparatif. Iklan komparatif cenderung lebih cocok dengan sikap terhadap merk yang diiklankan khususnya merk tersebut. Iklan komparatif secara umum mendorong lebih kuat intensitas kontrakan untuk membeli merk yang diinginkan.

Daya Tarik Positif / Rasional

Daya Tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk.

Konsumen termotivasi untuk membeli umumnya karena faktor emosional terhadap produk yang dianggap lebih penting dibandingkan lebih mengetahui kualitas produk tersebut.

 

♥ Your Life,

VINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: