imvina

POSITIONING (AGAIN)

Posted on: October 8, 2011

Welcome back to my site!🙂

Post ini merupakan post terakhir sebelum UTS (oh noooooo -.-), dan masih membahas seputar Positioning, lanjutan dari minggu lalu.

Oke, ga usah banyak basa-basi lagi, kita langsung masuk ke inti pembahasan😀

Menurut Ries & Trout, era periklanan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

♦ Masa Product Oriented

Dalam  Masa Product Oriented, ide kreatif dipusatkan pada karakteristik dan fitur produk. Pengembang teori ini adalah Rosser Reeves dari biro iklan TED yang berkembang menjadi USP ( Unique Selling Product ). Era ini disebut dengan Brand Positioning / Product Postioning.

Contoh : Tahu Sosis So Nice? Sosis So Nice membuat inovasi baru yaitu berupa sosis siap makan yang tinggal “lep”, hahaha.. :p Tentu sosis ini berbeda dengan sosis-sosis lain yang pada umumnya yang masih mentah dah perlu dimasak terlebih dahulu.

2. Masa Image Oriented

Memusatkan ide kreatif pada citra produk didalam taraf kehidupan masyarakat. Pengembang teori ini sendiri adalah David Olgivy. Era ini dikenal dengan nama Brand Image.

Contoh: mungkin sepintas logo Coca-Cola terlihat sama dari tahun ke tahun, tapi jika diperhatikan sebenarnya logo Coca-Cola selalu berevolusi lho! Hal ini mengesankan bahwa Coca-Cola bersifat dinamis🙂

Dan ga cuma logo saja, tapi slogan dan desain botolnya pun berubah terus dari waktu ke waktu

sorry, ngga bisa nemu gambar evolusinya sampai tahun ini, tapi yang jelas botol coca-cola selalu berubah-ubah sampai sekarang^^’

3. Masa Positioning Oriented

Memusatkan citra produk dalam benak pikiran masyarakat.  Tokohnya adalah Al Ries & Jack Trout. Dikenal dengan era Positioning Product.

Contoh: pasti kalian udah sering banget ngeliat berbagai macam iklan Coca-Cola, entah di TV, di jalan, dan dimanapun. Nah, dengan iklan yang terus-menerus seperti itu, maka masyarakat pun ga akan pernah lupa dengan keberadaan Coca-Cola ini🙂

Begitu juga, ketika ada pertandingan sepakbola internasional pasti sering banget ngeliat logo Coca-Cola yang masuk di deretan sponsornya😀

Well, perlu kalian tahu bahwa sebenarnya Positioning merupakan penempatan suatu nama / merek produk di benak konsumen, sehingga nama tersebut akan selalu diingat konsumen.

Pesan yang selalu hilang dalam benak pikiran konsumen karena banyaknya produk yang telah diciptakan, setiap produk saling merebut tempat dibenak konsumen untuk menjadi produk unggulan.

Cara mudah masuk kedalam pikiran seseorang adalah dengan menjadi yang PERTAMA. Cara sulit masuk dalam pikiran seseorang adalah dengan menjadi yang KEDUA. Tapi meskipun sulit, BUKAN BERARTI bahwa ngga ada kesempatan kan🙂

Terus gimana caranya jadi yang pertama kalo ada produk baru yang ingin jadi yang pertama, tapi ada kendala bahwa sudah ada produk lain yang muncul terlebih dahulu? Jawabannya adalah dengan menciptakan suatu ‘karakteristik’ tersendiri di dalam produk tersebut.

POSITIONING PEMIMIPIN

Yang membuat pemimpin ada, adalah karena terdapat para PENGIKUT didalamnya. Pemimpin tidak seharusnya mengusir para pesaingnya dari bisnis. Mereka membutuhkan pesaing untuk menciptakan sebuah kategori. Dalam ketidakstabilan pasar ada beberapa kategori 2 buah merek yang saling susuk menyusul.

Kekuatan sebuah produk bukan berasal dari kekuatan organisasi. Kekuatan sebuah organisasi berasal dari kekuatan produk.

Pemimpin sebuah pasar tidak akan membiarkan pesaingnya bertindak radikal untuk menjadi nomor 1. Pemimpin pasar yang cermat akan segera menutup lahan pemasaran dengan produknya. Bahkan menutup dengan berbagai macam merek baru, untuk menghadapi pesaingnya.

POSITIONING PENGIKUT

Norman Vincent Pale mengatakan bahwa kita sulit berfikir tentang positioning karena kita tidak pernah berfikir dengan arah yang berlawanan. Berfikir berlawanan arah dengan arah yang umum, maka kita akan menemukan sebuah “celah” dalam pikiran konsumen. Salah satunya dengan berfikir “celah harga mahal” dengan mempertimbangkan mutu dan cocok dengan produk lama.

Tujuan Positioning dengan Harga Mahal :

1. Menjadi yang pertama bagi konsumen

2. Untuk menampilkan posisi harga yang tinggi

3. Bercerita tentang produk yang kuat

 

Be Your Self,

 

VINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: