imvina

From Advertising to Marketing

Posted on: September 21, 2011

Hello! Apa kabar semua? Di post kali ini seperti biasa akan ada ilmu baru lagi seputar advertisingšŸ˜‰

Minggu ini kita mulai dengan mundur sedikit mulai dari membahas APA ITU PERIKLANAN

.

Menurut AMA ( AMERICAN MARKETING ASSOCIATION ), periklanan merupakan bentuk presentasi yang dibayar dan non-personal dan berupa promosi gagasan, barang-barang atau jasa dari sponsor yang jelas.

Sedangkan menurut Indonesian Association of Advertising Agencies ( Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia ), periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui media, dibiayai oleh pemrakasa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Contoh media periklanan : televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame, luar ruang, dan internet.

Dari ke-2 definisi di atas dapat diambil poin-poin, yaitu orang yang mau membuat iklan biasanya non personal dan dikenal jelas, selain itu ada pesan yang ditujukan untuk masyarakat.

Sekarang, kita lihat dulu yuk DEFINISI PEMASARAN. Definisi Pemasaran menurut 3 sumber :

Pemasaran adalah proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi, dan distribusi gagasan barang & jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu & tujuan masyarakat. — AMA ( AMERICAN MARKETING ASSOCIATION )

Suatu proses dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. — Philip Kothler

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang / jasa dari tangan produsen ke konsumen. — H. Nistrom

Nah, dari definisi tersebut, jika diperhatikan sebenarnya periklanan itu adalah bagian dari pemasaranšŸ™‚

Pemasaran bukan hanya penjualan produk tetapi membujuk konsumen untuk memilih satu produk ketimbang produk lainnya.

Terus, unsur-unsur apa aja sih yang mendukung pemasaran?

1. Pemenuhan Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Contoh : fasilitas mobile banking yang disediakan bank untuk meningkatkan pelayanan akan kebutuhan transaksi customers.

2. Pengupayaan Koordinasi Pemasaran di Seluruh Organisasi

Meliputi unsur penelitian, pengembangan, keuangan, manufaktur, dll yang mendukung pemasaran.

3. Pencapaian Tujuan Jangka Panjang Mempertahankan Unsur Produk

Contoh : Coca Cola yang selalu mempertahankan image nya di benak konsumen dengan menciptakan iklan yang berbeda-beda tiap tahunnya.

Di pemasaran ada juga yang namanya Bauran Mix atau yang lebih dikenal dengan nama Marketing Mix. Nah, apa sih Marketing Mix itu?

MARKETING MIX merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mengambil tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.

Sedangkan Marketing Mix menurut para ahli adalah:

1. William J.Staton

istilah yang digunakan untuk menjelaskan 4 kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi.

2. Philip Kothler

Kombinasi dari 4 variabel / kegiatan yang mempunyai inti dari sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, sistem distribusi, dan ekgiatan promosi.

Marketing Mix lebih dikenal dengan istilah GP yang berkaitan dengan periklanan sebagai salah satu komponen pemasaran.

Marketing Mix terdiri dari

A. Product (barang dan jasa)

Barang/jasa yang ditawarkan dipasar untuk dikonsumsi oleh konsumen, termasuk didalamnya perencanaan, pengembangan, pengolahan produk, dan termasuk juga mengembangkan pemasaran produk tersebut.

B. Price (harga)

Harga SANGAT PENTING karena akan menentukan penerimaan/pemasukan perusahaan. Hendaknya setiap perusahaan dapat menetapkan harga yang paling tepat, dalam arti yang dapat memberikan keuntungan yang paling baik, baik jangka panjang maupun pendek. Harga produk sudah harus mencakup biaya produksi, distribusi, promosi, dan laba perusahaan. Harga dapat mendukung citra sebuah produk untuk merebut hati para konsumennya.

C. Place (tempat)

Merupakan upaya agar produk yang ditawarkan berada pada tempat dan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan biaya wajar. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan: saluran distribusi, jangkauan distribusi, penyediaan barang, lokasi dan transportasi. Banyak juga produsen yang tidak langsung menjual produk ke konsumen, namun memakai perantara.

D. PROMOTION (promosi, communication, dan marketing)
Promosi merupakan salah satuĀ  variabel yang penting dalam pemasaran, yang merupakan suatu proses yang berlanjut. promosi membantu pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran untuk memperbaiki hubungan antara pemasar dengan konsumen.

Sebenarnya ada 1 P lagi yang ngga kalah penting dengan 4P di atas, yaitu POWER alias MONEY alias UANG.

Ngga bisa dipungkiri uang merupakan salah satu alat kekuasaan, right? :p

Keep Ur Spirit Alive,

VINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: