imvina

SEGMENTASI PASAR, PASAR, & IKLAN

Posted on: September 29, 2011

Minggu ini sibuk banget, banyak yang harus dikerjain, mulai dari tugas kuliah sampai ngurusin e-KTP ke kelurahan. Tapi tetep donk sempet update blog ini :D (secara ini tugas gitu lho :p)

Well, kali ini kita akan belajar yang namanya SEMENTASI PASAR.

Sebuah tim pemasaran dan periklanan tentu selalu memantau situasi pasar tertentu untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen. Dalam kebutuhannya segmentasi pasar merupakan salah 1 solusinya.

Tujuan dari segmentasi pasar sendiri adalah merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.

Nah, jadi segmentasi pasar ini fungsinya untuk memantau situasi pasar produk untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen akan produk tersebut.

Berikut adalah METODE SEGMENTASI PASAR


1. Segmentasi Demografis

Contoh segmentasi dari segi jenis kelamin : Majalah bola biasanya dipasarkan untuk pria, karena jarang ada wanita yang tertarik dan selalu update berita-berita mengenai dunia persepakbolaan.

2. Segmentasi Geografis

Contoh segmentasi geografis dari segi iklim: di Indonesia hampir tidak ada dijual baju-baju musim dingin, mengingat di Indonesia tidak ada musim dingin seperti di Korea, Amerika, dll.

3. Segmentasi Behavioristis

Contoh demografis tingkahlaku: perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi kelompok menurut manfaat yang mereka cari, penggunaan volume, dan loyalitas merk.

4. Segmentasi Psikografis

Contoh: produsen Marlobor rokok mengamil segmentasi psikologis rokok seorang laki-laki yang tangguh, penuh tantangan, dan petualangan.

Nah, sekarang kita masuk ke materi berikut, yaitu tentang PASAR. Tentu semua tahu donk apa yang dimaksud dengan pasar?

Pasar biasanya diartikan sebagai tempat dimana terjadi pertukaran antara penjual dengan pembeli, tapi sekarang yang akan kita bahas adalah pasar yang berarti dimana barang-barang dijual terdiri dari berbagai macam tipe pembeli.

Berikut adalah 4 Tipe Pasar:

1. Consumer Market ( Pasar Konsumen )

Terdiri dari orang-orang yang membeli produk & servis untuk keperluan pribadi atau keperluan keluarga. Contoh: Carrefour, Hero, Hypermart, dll.

2. Bussiness to Bussiness

Perusahaan-perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.

3. Institutional ( Pasar Institusi )

Terdiri dari perusahaan laba & non laba dari variasi yang luas seperti : rumah sakit, sekolah, dan lembaga pemerintahan yang menyediakan keperluan masyarakat.

4. Resseler ( Pengecer )

Pengecer merupakan faktor tengah berupa distributor / pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan darinya.

Advertising, berasal dari kata Ad-vertere yang berarti mengalihkan pandangan.

Reklame yang diambil dari bahasa Latin memiliki arti Re- diulang dan Clamo yang berarti berteriak / berseru. Jadi dengan kata lain Reklame dapat berarti seruan yang diulang-ulang.

IKLAN berasal dari bahasa Arabic yaitu dari kata I’Lan yang berarti pengumunan.

 Advertising sendiri memberikan informasi tentang produk / jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan yang relevan.

Nah, beralih ke IKLAN

Iklan merupakan suatu cara penyampaian gagasan, produk, atau jasa.

  • Iklan ditujukan kepada khalayak sasaran.
  • Iklan disebarkan melalui media massa.
  • Iklan memiliki sposor yang jelas dan biasanya mengharapkan keuntungan tertentu.

Ada beberapa jenis iklan, yaitu:

1. IKLAN KOMERSIAL

Adalah iklan yang bertujuan mendukung kampanye pemasaran suatu produk / jasa. Biasanya disebut commercial dan dikomunikasikan melalui media media konvesional.

2. IKLAN NON-KOMERSIAL

Merupakan social marketing yang bertujuan “menjual” gagasan / ide untuk kepentingan masyarakat. Iklan ini juga biasanya berupa ajakan / himbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum.

Contoh:  lowongan pekerjaan, duka cita, orang hilang, dll.

3. IKLAN COORPORATE

Iklan yang bertujuan membangun citra ( image ) suatu institusi / perusahaan dengan komunikasi sebagai usaha membangun citra positif atas jasa / produk nya.

Spread The ♥,

VINA

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: